Kamis, 18 Oktober 2012

Lingkungan bersih by Welly liana

Mabasa Dorong Makassar Raih Adipura
MabasaWali Kota Canangkan Jumat dan Minggu Bersih
Makassar,- Program Makassar Bebas Sampah (Mabasa) kembali dicanangkan pemerintah kota (Pemkot) dan Berita Kota Makassar. Jumat, 14 September, ribuan masyarakat ikut berpartisipsi dalam kegiatan bertajuk Mabasa itu yang dipusatkan di Jalan Hertasning.

Sebelum membersihkan sampah sepanjang Jalan Hertasning, terlebih dahulu diadakan upacara di Lapangan Emi Saelan. Sejumlah tokoh dan elemen masyarakat hadir dalam kegiatan itu. Di antaranya unsur TNI, anak sekolah, karyawan PLN, dan PDAM, sampai masyarakat yang ada di sekitar lapangan Emi Saelan.

Mabasi juga dihadiri Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, Ketua PWI Sulsel, Zulkifli Gani Ottoh, dan beberapa kepala dinas seperti kepala dinas Kebersihan, Muhammad Kasim. Ilham mengatakan, Mabasa yang dipelopori Berita kota Makassar ini akan terus dilakukan karena kegiatan ini sangat positif. Apalagi dengan keikut sertaan berbagai stakeholder, peluang  untuk meraih adipura semakin terbuka lebar.

Ilham menjelaskan, kebersihan memang tanggung jawab pemerintah, tapi tanpa dukungan masyarakat dan beberapa sakeholder upaya pemerintah akan pecuma. "Untuk membuat Makassar bersih perlu dukungan masyarakat, karena menciptakan lingkungan yang bersih berbanding lurus dengan cara hidup masyarakatnya," paparnya.

Ilham menambahkan, gerakan Mabasa akan terus ditindaklanjuti dengan mencanangkan Jumat dan Minggu bersih. Jumat-Minggu akan dilakukan kantor-kantor baik kantor pemerintah, TNI, Polri sampai kantor swasta. Sementara Minggu bersih akan dilakukan masyarakat.

"Setidaknya satu hingga dua jam setiap Jumat dan Minggu kantor-kantor dan masyarakat meluangkan waktu untuk membersihkan lingkungannya. Hal itu akan membantu pemerintah untuk meraih adipura," paparnya.
Camat Rappocini, Andi Muh Yasir mengatakan akan menindaklanjuti perogram mabasa ini. Dia mengaku akan mengimformasikan kepada Lurah, Ketua RW dan RT untuk menidaklanjuti program mabasa ini.

"Kami sangat berterimahkasih dengan adanya program Mabasa ini karena kami akan berusaha untuk menciptakan adipura-adipura kecil di masyarakat," paparnya. (*/pap | FAJAR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar